Matius 28 : 11-15
Pengantar
Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada 2 golongan kelompok utama :
1. Kepada Orang yang belum percaya
* orang Yahudi yang belum percaya : Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias
yang telah lama mereka nantikan. kedatanganNya sudah dipersiapkan dengan seksama
di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
*bangsa bukan Yahudi yang belum percaya : pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.Yesus adalah Juruselamat seluruh umat
manusia.Dia menyambut siapa saja yang menyatakan iman mereka kepadaNya.
2. Kepada Orang-orang Kristen.
* Injil ini akan memperlengkapi kita dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
* Injil ini akan menunjukkan kepada kita nilai Perjanjian Lama (pengenapan PL :misl 1:22,23; 2:15,17,18,23; 4:14-16 dst)
*Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hokum yang baru dan mencapai
standar moral yang tinggi
*Injil ini juga akan memperlihatkan kepada kita bagaimana harus hidup dengan sesame
*Injil ini mendorong kita untuk ikut ambil bagian dalam tugas menjalankan misi Kristus.
*Injil ini membangkitkan pengharapan kita akan kedatangan Yesus kembali.
Dalam Injil Matius Tuhan Yesus di gambarkan sebagai Mesias,Anak Daud, (istilah ini 8x disebutkan) Yesus juga digambarkan sebagai seOrang punya kekuasaan sebagai Raja baik pada masa penderitaanNya (26:53) dan sebagai Orang yang punya kekuasaan tertinggi sesudah kebangkitanNya, namun serentak dengan itu Matius juga menjukkan dengan jelas bahwa Yesus adalah Hamba Tuhan yang memikul kelemahan manusia (8:17) dan yang memperlakukan orang dengan lemah lembut (12:17-21).
Dalam kitab-kitab Injil hanya dlm Matius di dapati istilah ekklesia (gereja/jemaat 16:17-19;18:15-18). Menurut beberapa ahli/Teolog ini Injil ini dipandang sebagai buku yang menjadi acuan dan dasar bagi suatu jemaat yang sedang bertumbuh dan berkembang kearah institusianalisasi gereja.
Injil ini bertitik puncak pada salib dan kebangkitanNya serta pengutusan yang diberikan kepada para murid.
Bagian psl 28:11-15 (penjaga-penjaga di sogok), ayat ini di ikutsertakan disini untuk membantah sangkalan orang Yahudi tentang kebangkitan.
Ay 11 –segala yang terjadi =semua yang mereka alami dan lihat (band ay 2-4)
Ay 13 – satu-satunya cara kebohongan untuk menerangkan tentang kuburan kosong
Ay 14 – jika serdadu-serdadu/penjaga itu orang Roma, Pilatus mungkin telah menyerahkan tanggungjawab atas mereka kepada Mahkama Agama agar dapat dibujuk supaya mereka (serdadu) tidak mendapat ganjaran karena tidur sewaktu menjalankan tugas.
*Mahkamah Agama dalam PB mengacu pada pengadilan Yahudi tertinggi yang bersidang di Yerusalem.
Hegoumai darikata kerja “memimpin” dipakai untuk penguasa dalam arti umum dan secara khusus untuk wali negeri Roma di Yudea.Pejabat ini secara teknis ialah seorang procurator =wakil penguasa Roma, suatu istilah yang dipakai bagi bendaharawan propinsi atau bagi gubernur propinsi kelas tiga. Yudea di pimpin oleh seorang procurator/prefectus diantaranya Pilatus,Feliks dan Festus.
Refleksi
dengan uang orang dapat melakukan apa saja bahkan yang tidak berkenan kepada Tuhan. (Band Ibrani 13:5 ; I Timotius 3:3;6:10; II Timotius 3:2).
Kebenaran tidak dapat dibendung oleh apa sajapun
kebohongan /dusta awal kehancuran. (band Mazmur 40:5; Amsal 19:5; Amsal 29:12; Amos 2:4).
Pengantar
Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada 2 golongan kelompok utama :
1. Kepada Orang yang belum percaya
* orang Yahudi yang belum percaya : Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias
yang telah lama mereka nantikan. kedatanganNya sudah dipersiapkan dengan seksama
di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
*bangsa bukan Yahudi yang belum percaya : pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.Yesus adalah Juruselamat seluruh umat
manusia.Dia menyambut siapa saja yang menyatakan iman mereka kepadaNya.
2. Kepada Orang-orang Kristen.
* Injil ini akan memperlengkapi kita dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
* Injil ini akan menunjukkan kepada kita nilai Perjanjian Lama (pengenapan PL :misl 1:22,23; 2:15,17,18,23; 4:14-16 dst)
*Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hokum yang baru dan mencapai
standar moral yang tinggi
*Injil ini juga akan memperlihatkan kepada kita bagaimana harus hidup dengan sesame
*Injil ini mendorong kita untuk ikut ambil bagian dalam tugas menjalankan misi Kristus.
*Injil ini membangkitkan pengharapan kita akan kedatangan Yesus kembali.
Dalam Injil Matius Tuhan Yesus di gambarkan sebagai Mesias,Anak Daud, (istilah ini 8x disebutkan) Yesus juga digambarkan sebagai seOrang punya kekuasaan sebagai Raja baik pada masa penderitaanNya (26:53) dan sebagai Orang yang punya kekuasaan tertinggi sesudah kebangkitanNya, namun serentak dengan itu Matius juga menjukkan dengan jelas bahwa Yesus adalah Hamba Tuhan yang memikul kelemahan manusia (8:17) dan yang memperlakukan orang dengan lemah lembut (12:17-21).
Dalam kitab-kitab Injil hanya dlm Matius di dapati istilah ekklesia (gereja/jemaat 16:17-19;18:15-18). Menurut beberapa ahli/Teolog ini Injil ini dipandang sebagai buku yang menjadi acuan dan dasar bagi suatu jemaat yang sedang bertumbuh dan berkembang kearah institusianalisasi gereja.
Injil ini bertitik puncak pada salib dan kebangkitanNya serta pengutusan yang diberikan kepada para murid.
Bagian psl 28:11-15 (penjaga-penjaga di sogok), ayat ini di ikutsertakan disini untuk membantah sangkalan orang Yahudi tentang kebangkitan.
Ay 11 –segala yang terjadi =semua yang mereka alami dan lihat (band ay 2-4)
Ay 13 – satu-satunya cara kebohongan untuk menerangkan tentang kuburan kosong
Ay 14 – jika serdadu-serdadu/penjaga itu orang Roma, Pilatus mungkin telah menyerahkan tanggungjawab atas mereka kepada Mahkama Agama agar dapat dibujuk supaya mereka (serdadu) tidak mendapat ganjaran karena tidur sewaktu menjalankan tugas.
*Mahkamah Agama dalam PB mengacu pada pengadilan Yahudi tertinggi yang bersidang di Yerusalem.
Hegoumai darikata kerja “memimpin” dipakai untuk penguasa dalam arti umum dan secara khusus untuk wali negeri Roma di Yudea.Pejabat ini secara teknis ialah seorang procurator =wakil penguasa Roma, suatu istilah yang dipakai bagi bendaharawan propinsi atau bagi gubernur propinsi kelas tiga. Yudea di pimpin oleh seorang procurator/prefectus diantaranya Pilatus,Feliks dan Festus.
Refleksi
dengan uang orang dapat melakukan apa saja bahkan yang tidak berkenan kepada Tuhan. (Band Ibrani 13:5 ; I Timotius 3:3;6:10; II Timotius 3:2).
Kebenaran tidak dapat dibendung oleh apa sajapun
kebohongan /dusta awal kehancuran. (band Mazmur 40:5; Amsal 19:5; Amsal 29:12; Amos 2:4).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar