Tia-Dhea-Ray

Tia-Dhea-Ray

Rabu, 20 Mei 2009

SEBAB ITULAH DUNIA MEMBENCI KITA.


Yohanes 15 : 26- 16:4a

Perikop ini berhubungan dengan perikop sebelumnya yang mengangkat hubungan antara orang-orang percaya dengan dunia. Dimana kasih kita harus sampai juga kepada orang-orang yang tidak percaya. Dunia karena kebenciannya telah menyalibkan Yesus, tetapi kita bukanlah dari dunia, melainkan Kristus yang telah memilih kita, sebab itulah dunia membenci kita. Tetapi orang percaya boleh merasa yakin bahwa kita adalah milik Kristus. Ini memberi kekuatan kepada kita agar kita siap menghadapi berbagai hal dalam dunia ini. Murid-muridNya diingatkan bahwa dunia membenci mereka, tetapi Yesus berjanji bahwa Ia akan mengaruniakan Penghibur agar mereka dikuatkan.

Ayat 26 Yesus memperingatkan murid-murid tentang perlawanan dunia tetapi Penghiburan akan datang menolong.

Ayat 27 Disini Yesus menjelaskan bagaimana Roh akan bersaksi dan tentang apa isi kesaksian itu. Roh akan bersaksi tentang apa yang telah dilihat murid-murid di dalam Kristus, dan tentang apa yang telah di dengar murid-murid dari Kristus.

Ayat 1 sebelum Tuhan menguraikan seluk beluk bentuk permusuhan dunia yang akan dinyatakan, ia berhenti sejenak untuk menerangkan kepada murid-muridNya mengapa Ia memberitahukan perkara-perkara ini. Yaitu supaya mereka jangan “kecewa dan menolak Dia” atau “tersandung”. Diperingatkan lebih dulu berarti diperlengkapi lebih dahulu. Kristus hendak menyiapkan umatNya lebid dahulu dengan memberitahukan kepada mereka secara terus terang apa yang akan menimpa mereka.

Ayat 2 dari daftar penderitaan yang akan dialami murid-muridNya, Tuhan memilih 2 contoh : penganiayaan dan siksaan terhadap murid-murid.
Dikucilkan berarti lebih dari di buang dari tempat ibadah umum. Itu berarti memutuskan orang itu dari hak-hak bangsanya dan menjadi orang yang benar-benar di buang dari pergaulan masyarakat.

Ayat 3 Tuhan Yesus menunjukkan sumber sebenarnya dari permusuhan dan kebncian dunia yang terus menerus di tujukan kepada murid-muridNya:karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Anak.

Ayat 4 Tuhan memberikan alasan kenapa ia mengatakan hal-hal ini terlebih dahulu yaitu supaya iman mereka di dalam Dia boleh dikuatkan bila peristiwa yang akan meneguhkan perkataanNya itu terjadi. Pengharapan akan hal itu akan memperdalam keyakinan mereka kepada Allah dan mendorong para murid untuk bergantung kepada kebenaran janji-janji Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar