Tia-Dhea-Ray

Tia-Dhea-Ray

Sabtu, 16 Mei 2009

KETIKA HIDUPKU TERANCAM


Mazmur 28

Garis Besar isi
Ay 1-2 : Suara memohon pertolongan Tuhan
3-5 : Permohonan agar tidak dibinasakan bersama dengan orang fasik.
6-9 : Ucapan syukur yang disertai dengan pengakuan iman sekaligus doa syafaat nagi kehidupan umat.

Mazmur 28 merupakan Doa permohonan oleh seseorang di dalam Bait Suci
(ay 2),yang nyawanya sedang terancam. Dalam dirinya muncul perasaan bimbang dalam pergumulan pribadi dan ia merasa tidak mampu untuk mengatasinya. Ia di tuduh berbuat jahat (band 26:7). Ia juga sedang mengalami kesusahan lain, yang nampaknya dapat menyingkirkannya jauh daripada Tuhan yang menyelamatkannya. Baginya, hidup jauh dari Tuhan bukanlah cara hidup orang beriman,melainkan cara hidup orang fasik (ay 3). Yang dimaksud dengan orang fasik adalah orang yang melakukan perbuatan yang bertentangan dan melanggar persekutuan serta kesetiaan kepada jemaat. Orang fasik juga disejajarkan dengan orang “berdosa” (Maz 1:5; 104:35) dan “pencemooh” (maz 1:1 dan Amos 9:7).
Pemazmur memengan satu keyakinan,bahwa orang yang mau memisahkan diri dari Tuhan dengan perbuatan-perbuatan yang berlawanan dengan maksudNya akan dibuang jauh dari hadapan Tuhan Allah. Itulah sebabnya dalam situasi demikian pemazmur mengharapkan pertolongan TUhan untuk mengatasi pergumulannya, karena ia yakin sepenuhnya akan kekuatan Allah. Setelah jawaban atas permohonannya itu diterima dalam lingkungan umat yang percaya, maka puji-pujian diperluas menjadi ucapan syukur karena umat itu mengalami pertolongan Tuhan,sekaligus dalam doa syafaat, ia memohon bimbingan Tuhan Allah untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik.

Refleksi
Berita yang mau disampaikaan melalui pasal ini adalah hanya Tuhan satu-satunya sumber kekuatan dan pertolongan serta perlindungan dalam kehidupan.
-setiap orang yang hidupnya mau mengandalkan dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan, akan mengalami sukacita sekalipun ada tantangan yang dihadapi.
-bagi orang mengandalkan Tuhan setiap tantangan /pergumulan yang ada memberi motivasi untuk sungguh-sungguh bertekun dalam Tuhan.


Pujian :
KJ, 7, 396,440,436,441

Tidak ada komentar:

Posting Komentar